Kamis, 08 Maret 2012

Cerita Inspiratif Anak Indonesia - 5

Indonesia, Negeri Impian

Christophe D Thomson – Paris, Prancis
Ditulis dalam bahasa Inggris, diterjemahkan oleh Wina Miranda.

Bagi anak muda Eropa, kesan pertama yang sering muncul akan Indonesia adalah sebuah tempat yang jauh dan eksotis atau bahkan sebuah negri antah berantah yang misterius. Walaupun kini Indonesia berkembang begitu pesatnya, tetap saja banyak hal klise mengenai Indonesia yang kerap menempel di benak orang asing. Mulai dari masalah terorisme, rawannya Indonesia akan bencana gempa bumi, korupsi, dan seringnya terjadi kecelakaan pesawat terbang. Lalu mengapa saya benar-benar jatuh cinta pada Indonesia di awal tahun 2000-an? Mengapa pada waktu itu, ketika saya masih berusian 20-an, walaupun kondisi Indonesia sedang terpuruk, saya selalu percaya akan Indonesia? Pastinya saya melihat hal yang luar biasa akan negeri ini, dan kini pun dunia mulai terbuka matanya.

Kunjungan pertama saya membawa saya ke kota Yogyakarta, dimana saya di sana dalam sebuah misi kesenian untuk anak yang disponsori oleh Sultan dan Kementrian Pendidikan Indonesia. KEbetulan acara ini dikemas dalam sebuah festival budaya. Di sana saya mengenal pertama kali akan kayanya budaya Indonesia. Kebudayaan ini sangat kental terlihat, mulai dari anak-anak hingga mereka yang sudah lansia. Saya betul-betul terkesima dan kekaguman saya tidak akan pernah pudar. Saya juga menghargai keramahtamahan penduduknya yang membuat saya merasa bagaikan tinggal di negeri saya sendiri.

Perbedaan antara apa yang saya baca di media barat dan apa yang saya alami pribadi juga cukup mencengangkan. Tidak seperti yang saya bayangkan sebelumnya, ternyata Indonesia adalah negara yang modern dan banyak yang dapat Indonesia kontribusikan untuk dunia. Krisis global telah membuktikan bahwa negara-negara seperti Indonesia dapat memberikan sumbangsih lebih untuk komunitas dunia dan memberi cara pandang baru akan banyak hal.

Indonesia adalah salah satu negara terpenting di dunia, mulai dari sisi geografis, kependudukan maupun dari pandangan strategis. Sebuah negara di Asia, salah satu pusat keanekaragaman ekologi di bumi, dengan hutannya, kepulauannya, hewannya, lautannya, ratusan bahasa daerahnya dan kelompok etniknya. Indonesia adalah negara dengan populasi muslim terbesar di dunia, merupakan negara oriental yang secara geografis cukup dekat dengan dengan dunia ‘barat’ karena terletak tidak jauh dari Australia dan Selandia Baru. Indonesia kini juga salah satu anggota G20. Semua aspek inilah yang membuat Indonesia menjadi sebuah negara strategis dan dapat membuatnya menjadi salah satu yang terdepan di panggung global.

Saya melihat Indonesia seperti sebuah jembatan yang menghubungkan dunia. Sebuah negara yang membawa visi baru, gaya baru bagi komunitas global, sesuatu yang tidak pernah ada sebelumnya. Indonesia membantu banyak hal yang dulunya dikesampingkan, kini kembali menjadi prioritas dunia, seperti seni dan budaya, perubahan iklim maupun masalah ketahanan pangan. Bukan dalam bentuk individualisme tetapi lebih dalam bentuk visi bersama, sebuah pola pandang yang lebih beragam dan pendekatan yang lebih kaya bagi masalah-masalah global. Indonesia juga memiliki bentuk penerapan demokrasi yang unik yang dapat menjadi model bagi banyak bangsa di dunia.

Kini saya belajar untuk menggunakan bahasa Indonesia untuk berbincang dengan teman-teman saya dari Indonesia, my teman-teman and sahabat-sahabat. Saya suka sekali akan kreatifitas orang Indonesia, termasuk kreatifitas mereka akan bahasanya sendiri, selalu saja ada istilah baru yang muncul. Kreatifitas sepertinya akan menjadi aset utama untuk sukses di abad 21 ini, karena hal ini yang akan menentukan siapa yang akan memimpin dan dimanakah pusat panggung dunia akan berada. Untuk hal ini, Indonesia juga dalam posisi yang diuntungkan. Indonesia kaya akan manusia kreatif, mulai dari artis kontemporer, wiraswasta muda di bidang internet, desainer, pemikir, arsitek, penyanyi dan penari yang terus menggali dan memberi makna baru akan Indonesia yang nantinya akan membawa kekuatan pengaruh Indonesia di dunia. Hal ini akan membawa dampak baik bagi perkembangan bangsa Indonesia, kondisi ekonominya dan kemapanan negara secara keseluruhan.

Indonesia memiliki potensi untuk menjadi salah satu pemain dunia, untuk dapat mempengaruhi kebijakan global, membantu menyelesaikan masalah dan isu global seperi perubahan iklim, persediaan pangan dunia, ancaman teroris dan tekanan-tekanan lainnya. Indonesia membawa sesuatu yang baru, sebuah cara pandang dan visi yang unik dan Indonesia harus dapat memainkan perannya secara global. Itu juga merupakan hal yang saya suka dengan Indonesia dan saya ingin melihat Indonesia bisa mengambil peran tersebut.

Indonesia menghasilkan insan-insan yang luar biasa. Hal ini bahkan terlihat pada diri presiden Amerika Serikat, mulai dari perilaku rendah hati, kemampuan untuk memberikan hasil yang dijanjikan, suatu hal yang mulai langka. Saya melihat banyak kualitas khas Indonesia pada diri Presiden Barack Obama dan menurut saya kualitas inilah yang membuat dia berada di posisinya sekarang. Kualitas yang kaya akan sentuhan Indonesia yang akan selalu mendampinginya.

Saya percaya akan Indonesia. Saya mencintai negeri ini dan orang-orangnya layaknya negri saya sendiri. Manusia Indonesia punya cara unik untuk bisa hidup di dunia modern tapi tetap bisa menjaga tradisi dan budayanya. Mereka dapat merangkul budaya global dan tidak kehilangan keajaiban budaya lokalnya. Orang Indonesia juga selalu menjaga menjaga keluarga dan handai taulannya, mereka terus memegang teguh nilai-nilai budi luhur yang dapat dicontoh dunia.

Satu hal yang tidak boleh dilupakan dari Indonesia: Makanan khas Indonesia begitu beragam dan rasanya tidak tertandingi. Satu lagi aset Indonesia yang siap bersinar di dunia.
Saya cinta semua tentang Indonesia. I love you Indonesia!
Selamat hari raya kemerdekaan Indonesia yang ke-65 dan selalu yang terbaik untuk masa depan yang cerah dan sentosa bagi seluruh warga Indonesia. Semoga Indonesia terus tumbuh sukses.
Seperti Chairil Anwar bilang, “Aku mau hidup seribu tahun lagi”. Begitu juga saya ingin hidup seribu tahun lagi dengan Indonesia.
Dirgahayu Indonesia!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar